Blogroll

Nelayan Sawah mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda.

Sample Text

Silahkan tinggalkan komentar Anda, karena setiap kritik dan saran Anda sangat membantu kami para petani untuk menulis blog ini menjadi lebih baik lagi.

email : akunbareng2@gmail.com

Postingan Acak

Lagi Loading, Di mohon Sabar
Didukung oleh: Nelayan Sawah.

Senin, 23 Mei 2011

Setahu Saya Tentang Islam Liberal

Orang sering mengatakan bahwa Islam Liberal adalah sesat, melenceng, keluar dari islam atau apalah sebutan-sebutan yang lainnya. Dalam persepsi saya perbedaan antara Islam Liberal dengan Islam yang lainnya hanya ada pada penafsiran tentang doktrin-doktrin agama. Islam Liberal biasanya menafsirkan sesuatu disesuaikan dengan konteks masyarakat, lingkungan, adat dan lain-lain, dan apakah sebuah tafsir  masih relevan dengan keadaan masa kini. Karena sebuah tafsir yang sudah lama mungkin sudah tidak sesuai lagi.

Islam sendiri datang kurang lebih 14 abad yang lalu. Tentunya aturan-aturannya mungkin ada yang tidak relevan lagi (butuh penafsiran ulang). Banyak orang yang mengatakan bahwa manusia akan damai ataupun berjalan lancar jika hanya dengan menggunakan aturan teks-teks suci agama yang berasal dari Tuhan, tanpa perlunya aturan-aturan buatan manusia. Hanya sebagai contoh ketika Pesawat Garuda Indonesia Airways (GIA) dilarang untuk terbang ke Eropa itu adalah merupakan kesepakatan dan aturan oleh badan penerbangan internasional yang pastinya buatan manusia. Dan saya yakin aturan itu tidak ditemukan dalam kitab suci agama manapun. Jadi intinya tidak semua permasalahan di dunia ini ada dalil-dalil yang eksplisit (jelas) yang tercantum dalam teks-teks suci. Maka dari itu perlu adanya aturan-aturan yang dibuat manusia yang dikenal sebagai hukum positif.

Jadi saya menganggap bahwa perbedaan Islam liberal dengan Islam yang lainnya hanya ada pada penafsiran. Karena bagi saya penafisiran itu tidak bersifat tunggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat pembaca yang gak pake akun, kalo mau berkomentar pilih "beri komentar sebagai : Name/URL"

Name-nya ditulis nama, untuk URL-nya dikosongin ajah..

terima kasih