Blogroll

Nelayan Sawah mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda.

Sample Text

Silahkan tinggalkan komentar Anda, karena setiap kritik dan saran Anda sangat membantu kami para petani untuk menulis blog ini menjadi lebih baik lagi.

email : akunbareng2@gmail.com

Postingan Acak

Lagi Loading, Di mohon Sabar
Didukung oleh: Nelayan Sawah.

Senin, 23 Mei 2011

Analisis Iklan "Sprite" Versi Bebaskan Ahmad Dhani

Iklan minuman bersoda yang terkenal ini yaitu “Sprite” mengiklankan produknya dengan cara versi musik, yang dibawakan dan dibintangi oleh Ahmad Dhani. Bintang yang dipilih pun, bintang yang sekarang sedang banyak diperbincangkan. Itu sebuah strategi yang bisa dikatakan jitu karena menggunakan ikon artis yang sedang “naik daun” dan banyak dikenal oleh masyarakat (konsumen). Dengan dipilihnya ikon artis terkenal masyarakat (konsumen), dapat lebih cepat mengenal produk yang diiklankan. Dan masyarakat disini tentunya menjadi target pemasaran produk “Sprite” ini.

Dari segi alur cerita iklan ini divisualisasikan (digambarkan) dengan latar suasana siang hari yang penat dan panas, di tengah jalan yang macet. Di mana emosi orang-orang semakin meningkat dan menimbulkan kekacauan yang membuat orang-orang tersebut bertengkar. Di tengah peristiwa yang kacau tersebut sang bintang iklan bernyanyi dan mengajak orang-orang tersebut untuk ikut bernyanyi sambil meminum “Sprite”. Setelah mereka minum suasana berubah menjadi “refresh” dan emosi menjadi turun. Dari alur cerita ini menimbulkan kesan kesegaran pada psikologis orang-orang.

Untuk lirik lagu dalam iklan “Sprite” ini juga mempunyai makna kesegaran yang identik dengan minuman bersoda, seperti penggalan lirik “Buanglah gerahmu, singkirkan penatmu, sirami panasmu, pupuskan pusingmu. Bebaskan-bebaskan gerahmu rasakan sensasinya. Bebaskan-bebaskan gerahmu rasakan sensasi plong”. Selain lirik lagu yang mempunyai makna kesegaran juga terselip makna yang mengandung unsur edukasi dalam menjalani hidup, seperti penggalan lirik “Siapa bilang hidup ini mudah seperti yang dibayangkan. Hidup tak pernah selalu seperti yang di mau yang diharap-harapkan. Apa itu hidup bila tidak ada masalah-masalah yang selalu ada”. Lirik lagu dalam iklan ini bukan hanya sebagai “pemanis” tetapi mempunyai relevansi dengan sebuah produk minuman bersoda. Dan iklan ini bisa dikatakan bagus karena bukan hanya sekedar menjual produk, yang sifatnya komersil tapi ada unsur edukasi dalam penggalan lirik lagunya. Musik yang digunakan juga musik yang khas ditelinga konsumen Indonesia yaitu musik yang “berbau” irama dangdut

Itulah analisis saya mengenai pesan yang ingin disampaikan dari iklan ˝Sprite˝ ini. Sehingga menimbulkan efek berupa perubahan tingkah laku, setelah melihat iklan ini. Perubahan yang dimaksud yaitu berupa ketertarikan konsumen pada produk yang diiklankan dan pada akhirnya memutuskan untuk meggunakan produk ini.
(Pernah Dikumpulkan Sebagai Tugas Matakuliah Pengantar Periklanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat pembaca yang gak pake akun, kalo mau berkomentar pilih "beri komentar sebagai : Name/URL"

Name-nya ditulis nama, untuk URL-nya dikosongin ajah..

terima kasih