Blogroll

Nelayan Sawah mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda.

Sample Text

Silahkan tinggalkan komentar Anda, karena setiap kritik dan saran Anda sangat membantu kami para petani untuk menulis blog ini menjadi lebih baik lagi.

email : akunbareng2@gmail.com

Postingan Acak

Lagi Loading, Di mohon Sabar
Didukung oleh: Nelayan Sawah.

Senin, 30 Mei 2011

Hal-Hal Yang Berkesan di Masa Lalu

Ahhh... masa kanak-kanak memang menyenangkan, dimana semuanya tampak begitu indah. Saking indahnya, sampai-sampai semua yang gw pikirkan tentang masa lalu jadi inspirasi gw untuk saat ini. Kali ini gw mau menceritakan beberapa hal (gak semua) yang cukup berkesan bagi gw dimasa kecil, mungkin diantara kalian yang lahir di jaman-jaman 90-an dan tinggal di Indonesia pasti sedikit banyak tau tentang hal-hal yang akan gw ceritakan ini. So tanpa lama-lama lagi, silahkan dibaca...
  1. Tazos, hadiah dari chiki, cheetos dan teman-temannya dari masa lalu
    Buat anak kelahiran 90-an pasti inget dikit-dikit (kalo gw teringat jelas) sama maenan favorit yang satu ini. Bentuknya sendiri berupa disk kecil dengan gambar tokoh kartun anak-anak seperti looney tunes dan pokemon.



    Pada masa itu, maenan yang satu ini jadi barang koleksi wajib buat anak-anak dari mulai SD sampe SMP. Cara mendapatkannya pun dengan membeli snack-snack semacam chiki, trus cari deh tazosnya dalam kemasan. Biasanya dalam 1 bungkus cuma ada 1 tazos, tapi kalo lagi beruntung bisa dapet 2, atau kalo lagi apes ya gak ada tazosnya sama sekali. Karena gw jarang (malah gak pernah) beli chiki, jadi gw cuma punya sedikit koleksi tazos dirumah.

    trus cara memainkannya bisa dilakuin dengan banyak cara. Bisa dibuat bongkar pasang (mirip lego), tembak sasaran, atau bisa juga dibuat 'teprokkan' (permainan yang gw suka karena kita bisa dapetin tazos lawan).

    Gw inget betul, dulu gw cuma modal 2 keping tazos sampe akhirnya terkumpul hingga ratusan (wkwkwk... hebat kan gw).

    Sama halnya seperti barang koleksi lain, tazos ini juga punya gambar-gambar tokoh yang jenisnya limited edition. Contohnya seperti pada tazos seri pokemon, koleksi langkanya adalah Satoshi (tokoh utama), pikachu, Tim Roket, Joy (perawat pokemon), Jenny (polwan), dll.

    Saat ini, tazos sudah bukan lagi mainan favorit anak-anak. Bocah-bocah sekarang lebih suka permainan yang praktis seperti PS atau game online. Dan tazos-tazos gw yang dahulu sempat diidolakan, kini cuma tertumpuk di sudut gudang, atau bahkan telah hilang entah kemana.




  2.  Ksatria Baja Hitam

    wah.. ini nih, salah satu favorit gw waktu masih kecil. Sama halnya Shinchan yang terobsesi ama Pahlawan bertopengnya, gw juga pada waktu itu tergila-gila ama si "semut hitam" ini.


    Serial ini bercerita tentang seorang jagoan yang namanya Kotaro Minami, yang punya kemampuan berubah jadi ksatria baja hitam dengan "ikat pinggang super"nya dan bertempur melawan monster-monster jahat (kira-kira gitu lah). Dalam membasmi musuh-musuhnya, ksatria baja hitam punya kendaraan-kendaraan khusus yang bisa ngomong dan dateng sendiri kalo di panggil (canggih bener, kerasukan apaan yah tu kendaraan?).

    Kendaraan itu antara lain:

    Motor Belalang tempur
    Seingat gw, dari nada suara motor ini waktu ngomong ke si baja hitam, diperkirakan jenis kelamin belalang tempur ini cowok.



    Mobil Rideron
    Gak jelas, terinspirasi dari serangga apa ni mobil. Tapi kalo gw liat-liat, bentuknya agak mirip kepik merah atau bisa juga kecoa. Kalo si belalang tempur berjenis kelamin cowok, maka rideron ini berjenis kelamin cewek (diketahui dari suaranya).


  3. Serial drama jepang "Rindu Rindu Aizawa"


    Inilah cikal bakal gw gak suka sama yang namanya drama atau sinetron. Rindu-Rindu Aizawa yang punya judul asli "Ie Naki Ko (homeless child)" ini ditayangkan jam 5 sore di TPI pada tahun 1994 (jaman gw blom masuk TK) dan bercerita tentang kemalangan hidup seorang gadis kecil bernama Suzu Aizawa. Apapun yang dia lakukan, kemanapun dia pergi, sama siapapun dia tinggal, selalu aja nasibnya malang (storyline yang gak masuk akal). Tapi justru itulah yang bikin serial ini digemari ibu-ibu rumah tangga (menurut gw, penggemar sinetron adalah orang-orang yang amat sadis karena gemar menyaksikan kemalangan orang lain. hiks..).

    Karena udah lama, gw agak lupa sama jalan ceritanya. Tapi setelah liat ada yang share di kaskus, gw jadi inget lagi ceritanya dengan jelas, wkwkwk....

    Ceritanya berkisah tentang Aizawa, seorang anak SD yang hidup bersama ibu kandung yang sakit-sakitan dan ayah tiri yang amat kejam (tuh, dari awalnya aja udah gak nyenengin). Waktu kecil, Aizawa amat gemar mencuri dan hasil curiannya itu dia gunakan untuk biaya berobat ibunya yang sakit jantung. Tapi sayang, uang hasil curiannya itu sering dirampas oleh sang ayah tiri untuk dipake berjudi, maen cewek, dan mabok-mabokan.


    Hufft... yang paling bikin gw kesel ialah, cerita ini punya bad ending!! alias akhir ceritanya sedih...
    Aizawa kehilangan semua orang terdekatnya. Bahkan, seakan gak ada ampun, anjingnya yang paling setia bernama Ryu pun ikutan mati meninggalkannya seorang diri.

    hiks... hiks... (sedih..sedih)
    Dahulu gw terpaksa nonton ni serial gara-gara tv-nya cuma ada satu dan jadwalnya (kalo gak salah) hampir berdampingan ama ksatria baja hitam.



  4. Permen karet YOSAN

    Y-O-S-A-...    

    lho? huruf 'N' nya mana? Seumur-umur gw blom pernah dapet yang namanya huruf 'N' itu. haha.. anak kecil memang polos, padahal udah tau kalo huruf 'N' itu belum pernah ada yang dapet, tapi tetep "pantang menyerah" untuk mendapatkannya dengan beli permen karet YOSAN setiap hari.



    YOSAN sendiri adalah nama produk permen karet yang pabriknya punya strategi penjualan kreatif. Mereka mencantumkan huruf-huruf dibalik kemasan, dengan instruksi "kumpulkan kelima hurufnya hingga membentuk kata Y-O-S-A-N, dan dapatkan hadiah menarik dengan menukarkannya ke warung terdekat.." (diperlihatkan gambar hadiah-hadiahnya; tas, sepeda, kaos, gasing, gimbot)

    cukup efektif kalo konsumennya anak-anak. Tapi masalahnya, belum pernah ada yang dapetin huruf 'N'!!! Apa jangan-jangan lupa di produksi kali yak..?


  5. Lagu AIR band yang judulnya "Bintang"

    "Bintang di langit
     Kerlip engkau di sana
     Memberi cahayanya di setiap insan
     Malam yang dingin
     Kuharap engkau datang
     Memberikan kerinduan di sela mimpi - mimpinya..."


    Masih inget sama penggalan lirik lagu diatas? Itu adalah penggalan awal dari lagu berjudul Bintang milik AIR band. Band tersebut sempat tenar di pertengahan tahun 90-an, tapi sekarang udah menghilang ditelan jaman. Plesetan dari liriknya juga banyak beredar di kalangan anak-anak termasuk gw dikala itu. Bagi yang mau liat video klipnya, silahkan menyimaknya dibawah:



    serius, bikin nostalgia





  6. Mie Anak Mas

    kremas... kremes... kremas... kremes...
    begitulah suaranya kalo kita sedang meremasnya, setelah itu baru dikasih bumbu.. ada yang rasa ayam, dan ada yang rasa keju. Keduanya enak, tapi gw lebih suka yang rasa keju (mie koq rasa keju? wkwkwk, namanya juga makanan anak-anak).

    Dahulu, mie ini juga jadi favorit gw dan teman-teman dan menjadi makanan pokok sepulang sekolah. Cara makannya praktis, gak usah dimasak. Caranya tinggal diremes-remes, tuangin bumbunya, kocok-kocok, makan deh...





    Zenius, salah satu temen gw yg juga penulis di blog ini kebingungan waktu gw tanya tentang mie anak mas ini. ternyata eh ternyata, gw baru tau kalo ditempat dia kecil dulu gak ada yang jual ginian dan belakangan gw juga baru tau kalo jangkauan pemasaran mie ini cuma disekitaran Jakarta doang (kalo gw gak salah).

    Sama seperti yang lain, masa kejayaan mie yang satu ini juga telah pudar seiring berjalannya waktu. Tapi yang bikin gw salut, mie ini masih tetap eksis dan bertahan sampe sekarang. Yah.. meski formatnya udah beda jauh sama mie anak mas terdahulu yang legendaris, tapi gw doakan supaya produsen mie ini bisa tetap bersaing dengan produsen makanan-makanan modern lain yang ada saat ini.



  7. Tersanjung


    Akhhh.... ampun deh sama tontonan nyokap yang satu ini. Bener-bener "unlimited series" alias gak abis-abis ni cerita! dari mulai si Indah (tokoh utama) kawin, punya anak, punya cucu, punya cicit, keluarganya pasti dirundung masalah yang gak abis-abis. Kadang gw mikir, salah apa sih tu si Indah ama produsernya? sampe-sampe dia dibikin susah tujuh turunan ampe ke anak cucu.

    wkwkwk... biar gimana pun, sinetron ini layak masuk jajaran buku rekor sebagai sinetron dengan jumlah season dan episode yang terpanjang hingga saat ini. 




  8. Jam tangan G-shock

    Bocah 1: "woy, gambar jam lu apa? gue lumba-lumba."

    Bocah 2: "gue kupu-lupu."

    Kemudian semua anak di kelas 4 berkerumun menyaksikan "jam ajaib" yang bisa menyala itu.

    wkwkwk... itulah sepenggal kisah yang masih gw ingat jelas tentang jam ini. Jam G-shock, adalah jam tangan digital buatan Casio yang 'pada zaman dahulu' cukup populer di kalangan anak-anak. Jam ini telah teruji (khusus produk aslinya) tahan banting, tahan cuaca ekstrim, bahkan tahan air. Dan untuk beberapa tipe (seperti milik kedua bocah diatas), jam ini juga punya lampu background yang akan membentuk bayangan hewan seperti lumba-lumba dan kupu-kupu ketika dinyalakan.



    Karena kualitasnya, harga dari jam ini (entah kapan, pada saat itu) hampir mendekati 100.000 rupiah.
    Mahal? yah, memang mahal untuk ukuran barang bocah SD. Oleh karena itu, gw cuma dibeliin 'versi bajakannya' yang cuma seharga 20.000 rupiah.

    hiks... sedih rasanya kalo inget waktu itu. Gw seneng banget dibeliin ni jam, gak peduli asli ato palsu, yang penting bisa nyala.. (sungguh bodoh dan polos).

    nyokap: "ah, ngapain beli yang asli? Nanti kamu pake 2 hari juga rusak. Bikin rugi.."

    gw: "owh... (bengong)"


    Itu aja curhat gw tentang hal-hal yang tak terlupakan di masa lalu. Banyak yang bilang masa lalu gak harus diungkit-ungkit lagi, karena masa lalu gak akan terulang kembali. Memang masa lalu gak bisa terulang, tapi bukan berarti kita harus melupakannya.



    Terima kasih udah menyimak... wkwkwk



    (sumber: beritaunik.net, kaskus.us, en.wikipedia.org, kapanlagi.com)

      7 komentar:

      1. Aduh,, w pikir lu gg punya masa lalu yg bahagia gung. Hha.. yang ada waktu w kecil dari tulisan lu itu cuma Satria Baja Item, Jam G-shock ma Tazos doank. kenapa gg lu masukin Tamiya, Beyblade, Crushgear, Boneka Berbie, gambaran, kelereng, juga!!! ah,, masa lalu lu gg menarik banget. Hha...

        BalasHapus
      2. ya.. abisnya masa lalu yg berkesan buat gw cuma itu doang, wkwkwk

        biar pake anonim, tapi gw tau orangnya...

        BalasHapus
      3. baaaang ,,, mana Saylor Moon - nyaa???
        ane butuh tuuuh ttg tu cewe yg tiap kali tampil ganti² baju dulu, terus bawa² tongkat Bintang, yg bisa Cliing, Triiing, tapi ga Duaaaarr! hahhaahaa
        Dibikin doonk Saylor Moon'a ☆☆☆
        Thankss :')

        BalasHapus
      4. bgt membaca tulisan anda saya jd ingat kembali seperti kembali ke jaman saya waktu masih SD.

        BalasHapus
      5. nelayan sawah tlg bahas ttg dunia film lg,...kt disni ingin membaca soal seputar film yg ad di bioskop.

        BalasHapus
      6. kk orang mana trus berapa tahun hahahhahahha lucu cerinta nya aku umur nya 11 tahun tingal di bandung

        BalasHapus
      7. info tambahan: ane tinggal di pekalongan, tapi ada tuh AnakMas... cuman sekarang udah ga pernah liat lagi di warung, secara udah gengsi kali ya, beli jajanan anak sd... :DDD

        g-shock, tamiya, gaburan, kelereng, rantai, yang paling ngeselin yosan. hahaha... huruf N nya ga pernah dapet!!

        BalasHapus

      Buat pembaca yang gak pake akun, kalo mau berkomentar pilih "beri komentar sebagai : Name/URL"

      Name-nya ditulis nama, untuk URL-nya dikosongin ajah..

      terima kasih